Thursday, 19 June 2014

Jungleland Bogor Vs Rita Park Tegal

Tiket terusan Rita Park
Ini kali kedua saya membandingkan dua tempat wisata. Sebelumnya saya mengulas wisata di dua pantai berbeda (baca Pantai Matras Bangka atau Baron Jogja). Ternyata memang lebih seru membandingkan dua tempat daripada membahas satu persatu (haha emang dasar males nulis). Kali ini yang dibahas adalah taman bermain yang belakangan saya kunjungi. Saya memang suka wahana-wahana ekstrem, favorit saya di Indonesia ya Dufan yang saya pikir tetap memegang rekor theme park terbaik dilihat dari sisi ke-ekstrem-an dan kelengkapan wahananya. Lalu bagaimana dengan Jungleland dan Rita Park?

Perbedaan paling mencolok antara kedua taman bermain itu adalah kondisi geografis sekitarnya. Jungleland yang terletak di daerah Sentul-Bogor sudah karuan ada di dataran tinggi berhawa dingin. Dan memang betul, untuk menuju kawasan Jungleland kita harus memasuki dulu kawasan perumahan elit Sentul City yang dikelilingi perbukitan. Pemandangan menuju Jungleland pun indah, kala itu gerimis menemani perjalanan saya, suasana sejuk dan nyaman segera tercipta. Bagaimana tidak? Jalanan beraspal mulus naik turun berkelok dipagari pepohonan yang daun-daun hijaunya terpapar air hujan, waah ‘gerbang’ masuk yang indah bukan. 

Lain lagi dengan Rita Park. Tegal sebagai kota pinggir pantai tidak bisa dibilang sejuk (kecuali saat hujan atau malam hehe). Taman bermain ini ada di belakang Rita Mall, salah satu mal terbesar di Tegal. Jalanan kota dan ramai kendaraan jadi sebagian besar pemandangan menuju Rita Park. Eits, jangan dulu membandingkan dengan padatnya jalanan Jakarta, ramainya Tegal relatif tidak membuat kita ‘stress’ di jalan (hehe).

Lama-lamain ngadem di Rita Mall.. sebelum berjuang hehe
Beda kondisi lingkungan jugalah yang membuat transportasi menuju kedua taman bermain itu berbeda. Menuju Jungleland saya harus menggunakan kendaraan pribadi, karena nyaris tak ada angkutan umum yang berhenti persisi di depan Jungleland. Dari yang saya baca memang ada shuttle bus gratis yang siap mengantar pengunjung berangkat dari Bellanova (mal dekat pintu keluar tol Sentul) dan untuk menuju Bellanova kita bisa naik Trans Pakuan dari Bogor dulu. Pilihan lain mungkin taksi. Lain dengan Rita Park, tempat ini berada di pinggir jalan raya (Jl. Kolonel sugiono) dengan akses yang relatif mudah. Bisa dengan angkutan kota, becak, bahkan dilalui bus-bus besar antar kota, pun dekat dengan stasiun kereta api kota Tegal. Saya bersama adik kala itu berangkat dari stasiun, kami berjalan kaki dulu menuju alun-alun yang juga dekat setelah itu naik becak menuju Rita Park dengan harga sekitar 20 ribu, selalu seru naik becak di jawa itu.

Salah satu atraksi sore di koridor masuk gerbang Jungleland
Penyambutan gerbang Jungleland terasa lebih megah dan lengkap. Ada deretan jajanan, oleh-oleh, tempat makan di sisi pedestrian yang lebar nyaman berkanopi. Lain dengan Rita Park yang mungkin karena masih baru, berjalan kaki dari belakang mal Rita sampai ke loket tiket rasanya jadi perjuangan berat melawan matahari pantura yang menyengat sangat, panas! Dan beruntung tidak terlalu jauh jaraknya. Pepohonan disekitar Rita Park pun masih ‘kecil’, mungkin baru ditanam jadi tak bisa meneduhi siapapun.

Urusan tiket. Berlaku di seluruh taman bermain manapun, selalu ada tiket terusan yang artinya bisa main sepuasnya. Hal itu pun saya temukan di kedua tempat ini. Tapi hanya di Rita Park yang jika kita tidak ingin membeli tiket terusan pun tak apa. Cukup membayar 15 ribu untuk sekali masuk lalu jika hendak naik wahana kita membayar lagi sejumlah tertentu berkisar antara 5 ribu sampai 20 ribu per wahana (mirip Dufan zaman dulu). Saya rasa hal ini sangat baik, utamanya mungkin untuk pengantar seperti orang tua yang enggan naik wahana-wahana itu. Nah, harga tiket Jungleland memang lebih mahal dari Rita Park. Hal ini mungkin tercermin dari isi wahana didalamnya. Coba kita lihat.

Wahana Circle 360 yang aduuhh.. pusing @RitaPark
Rumah hantu, berani? saya ngak haha @RitaPark
Sarah in action @RitaPark
Wahana Disco, asyik! hehe @Jungleland
Itu Rollercoasternya, Harvest! kecil sih @Jungleland
Petir, yang paling ekstrem rasanya @Jungleland

Lalu kalau ditanya apa persamaannya? Menurut saya kedua taman bermain ini memiliki konsep yang sama. Wahana rekreasi keluarga. Wahana ekstrem yang menurut saya pribadi akan diukur dari tingkat kecepatan dan ketinggian suatu permainan (haha) memang bukan jadi yang dominan di kedua tempat ini. Tapi memang Jungleland lebih banyak wahana ekstrem dibandingkan Rita Park, mungkin inilah juga yang membuat harganya lebih mahal. Favorit saya adalah Disko dan Petir di Jungleland. Kalau di Rita Park cobalah yang seru seperti Circle 360, Cinema 5D dan sky Drop. Terakhir cobalah kedua taman bermain ini di hari yang tidak ramai seperti saya. Saya mendapati kedua tempat ini sama-sama sepi, kami pun puas menikmati semua wahananya. Juga puas badan berbasah-basah, yang satu karena hujan, lainnya karena panaass!




10 comments:

  1. bagus mas :D ayah pilih jungleland soalnya ga bikin muntah wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kasian si ayah muntah... mas keringatan ajah wkwkw

      Delete
  2. nice info boz, pilihan q sbgai orang Jateng ke RITA PARK yang deket. hehe..
    HTM agustus cuma 10rb. Tiket terusan 60rb hari efektif & 75rb untuk weekend (jum'at - minggu). murah meriah untuk hiburan seru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Senang memang ada tempat hiburan keluarga yang murah dan dekat :)

      Delete
  3. Disini juga lagi Promo Gan/sist tiket masuk jungleland

    Ada diskon, beli tiket ga ribet, dapat cashback lagi,, kurang WOW apa cobaaa?? Sikaaaattt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaahh.... hehe
      tapi memang Jungleland banyak juga diskonannya >_<

      Delete
  4. Rita park i love it cos tempat q dekat
    Dari Talang paling cuma 10 menitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, dekat tu mas..
      moga Rita Park makin rame lah :)

      Delete
  5. Kalau dari rita park ke stasiun nya naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah klo angkutan kota (angkot) gitu gak ada, apa sy yang gatau ya hehe mgkin hrs sambung2. Naik becak aja lebih cepat.. murah juga kok :)

      Delete