Saturday 4 February 2012

Solo traveling - Tips asal-asalan (Part 2 End)

'Solo' traveling pertama kali ini hampir berakhir, tapi masih ada cerita dan tips menarik! 

Dari Selo saya langsung meluncur ke Jogja. 
ampun deh Malioboro
Sampai Jogja ternyata sudah jam 3 sore dan kami berpisah di Malioboro karena saya masih harus mencari tiket pulang hari itu juga (wuih menjelang malam tahun baru Malioboro padet poll). Saya pun berterimakasih karena teman-teman baru ini sudah menggagalkan rencana saya di Jogja dengan rencana SELO yang lebih seru. Tidak punya banyak waktu, saya lanjut jalan-jalan di Malioboro, beli ini itu, formalitas buat orang-orang rumah terus langsung menuju Terminal Jombor dengan Trans Jogja (oia bagi saya setelah Trans Jakarta, Trans Jogja dan Trans Semarang adalah yang medingan hehe,,,agak niat gitu!!)

1st Jan - Dapat bus ke Jakarta yang tidak sebagus Shantika tapi ber-AC dengan harga tidak terlalu jauh berbeda, 125ribu. Berangkat tepat jam 7 malam dari Jombor. Serunya tahun baru-an di jalan, tepat jam 12 malam lagi enak-enaknya tidur pasti jadi bangun karena ada saja teman yang sms pas pergantian tahun (hebat itu orang, niat!) Nah, ketika saya tengok jendela disamping pas memang lagi banyak warga yang membumbungkan kembang api mereka, bagus, banyak, passs diatas kita, malah dari bis bisa lihat kembang api dari kejauhan di beberapa kampung, memang tidak terlalu besar percikannya tapi mengesankan (halah) karena berbeda dari biasanya... Itukan yang dicari
Oia, ada beberapa hal bodoh dan tips ringan selama perjalanan saya...
nyeker,, adem ko

1) Pas masuk keraton Surakarta, kalau kita pakai sepatu tidak perlu dicopot. Nah kalau pakai sandal, harus dicopot, enak juga sih nyeker di atas tanah yang lembut dan adem banget halamannya. Tak perlu lah sewa guide , enaknya jalan sendiri tinggal melipir ke rombongan keluarga lain, senyum-senyum aja deh he..
2) Solo terkenal punya banyak city garden juga lengkap dengan jalur pedestriannya, contoh di jalan protokol- nya, Jl Slamet Riyadi tersedia pedestrian yang uadem buanget plus nyaman sepanjang 5km (ada tempat makan/oleh-olehnya juga) cobain lah..jangan lupa bawa sepedanya. Nah, pedestrian dekat stadion Manahan ini salah satu yang paling adem.
3) Jalan raya jadi satu sama jalur kereta ya cuma di Solo ini (salah satu alasan saya pingin ke Solo, pingin liat langsung!! Keren gitu kayak di 'luar' heheh norak ya)

4) Selain karena kental akan budaya Jawa-nya, alasan lain saya ingin jalan-jalan ke Solo juga karena saya cukup terobsesi dengan semua yang berbau kerajaan-kerajaan Indonesia. Punya gelar Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Pakoe Buwono XIII , keren kaaan!!


keliling luarnya keraton
 5) Jika waktu anda untuk jalan-jalan relatif lama, cobalah gunakan jasa bis malam sesekali. Selain harga yang biasanya sama dengan KA sekelas bisnis, fasilitasnya jauh lebih lengkap..kap!!
 
6) Solo traveling itu banyak manfaatnya, lebih waspada karena merasa sendiri, bebas kemana-mana, lebih banyak berfikir dan bertanggung jawab penuhh karena gak bisa leyeh-leyeh ngekorin temen saja seperti biasa, cobalah sesekali.



7) Benar kata pepatah, its not about the destination but the journey. Di perjalanan, ikut berbaur di keramaian atau coba tanya penduduk lokal seperti yang banyak dianjurkan para backpacker adalah cara yang seru untuk menikmati jalan-jalan, menemukan tempat atau hal-hal unik dari suatu daerah. Terkesan tidak waspada ya hehe, tapi berfikir positif saja dan kalau kita tetap menjaga sikap, warga-warga itulah yang nantinya akan bantu kok kalau ada apa-apa (amit-amit jangan sampe si)

8) Gak mau punya rumah dekat Gn. Merapi kalau ingat kengeriannya di film Ketep Pass hii...gunung ini bisa aktif dalam 2 tahun sekali. Masa ngungsi melulu nanti...capek!

9) Sekali lagi, jangan lupa ke SELO kalau sempat, sewa mobil dari Solo atau Jogja sudah banyak. Kalau biasanya cuma ke Borobudur coba juga agak melipir ke Selo, dekat ko paling cuma 2 jam-an.


Tara...ini dia Kyai Selamet aka Kebo Bule lagi asyik berkubang


dan sekali lagi...SELO !!
  
finally, selamat berlibur dan sekali lagi selamat tahun baru.....

4 comments:

  1. eeeh ngutip nama gw bayar ya "SELO" hehehe mantap... bromo yuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia sama namanya.
      hayuukk, ada rencana memang...

      Delete
  2. Kapan kita kemana nih bayy..?? kayaknya udah mulai berjiwa backpacker nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kesana nanti :) jiwa jalan-jalan lah pokoknya

      Delete